Sabtu, 03 November 2012

Merebus Air di Gelas Plastik



KERTAS dan plastik akan terbakar, meleleh oleh api, begitu juga kain. Tapi kamu tentu pernah mendengar percobaan mendidihkan air di gelas plastik, atau kantong plastik. Atau kamu belum pernah mengetahuinya? Baiklah, isi sebuah kantong plastik dengan air lalu gantungkan pada api yang menyala, apakah yang terjadi? Kantong plastik akan “pecah”? sama sekali tidak, justru air di dalamnya akan mulai mendidih karena jilatan api. Kok bisa begitu?
Atau kamu bisa minta tolong ayah kamu yang kebetulah merokok, bungkus sekeping uang logam dengan sehelai kain atau saputangan. Lalu minta tolong ayah kamu mematikan rokoknya pada uang logam yang terbungkus kain itu. Apakah saputangan tersebut akan berlubang? Ternyata tidak lho!!
Syarat benda bisa terbakar adalah
(1) ada oksigen ;
(2) ada bahan bakar;
(3) ada sumber panas/api;
(4)tercapainya titik bakar pada sebuah benda. Nah jika satu dari ke empat syarat tersebut tidak ada, maka sebuah benda tidak akan bisa terbakar.
MySpace glitter graphic: CoolSpaceTricks.com


Contoh jika kamu membakar kertas, oksigen tersedia di udara bebas, lalu kertasnya sendiri adalah bahan bakar, kamu bisa menyulutnya dengan api, dan saat kertas terbakar artinya kertas sudah mencapai titik bakarnya. Singkatnya kertas pun terbakar dengan sukses.
Nah bagaimana dengan kasus air di dalam kantong plastik tadi? Nah semua syarat, oksigen, bahan bakar, dan sumber api sudah tersedia, namun titik bakar plastik tidak bisa tercapai karena “terserap” oleh air yang ada di dalam kantong plastik. Akibatnya, api yang ada tidak “membakar” plastik. Begitu juga dengan kain yang “disundut” rokok, tidak akan terbakar, karena titik bakar kainnya belum tercapai gara-gara panas api rokok “terserap” oleh dinginnya uang logam.
Wah, kamu sudah bisa melakukan demonstrasi “sulap” dong… Awas ya, hati-hati jika kamu melakukan percobaan dengan api
SELAMAT MENCOBA,, 

0 komentar: