Selasa, 11 Desember 2012

Rahasia dibalik Besaran Pokok Fisika


Masih ingatkah Anda tentang pelajaran Fisika Semester awal kelas 1 MA/SMA dulu? Materi pertama yang diberikan oleh Guru kita yaitu tentang jenis-jenis Besaran Pokok.
Besaran yaitu sesuatu yang dapat diukur dan mempunyai nilai. Ada tujuh jenis besaran pokok dalam Satuan Internasional (SI) yaitu : Panjang (meter), massa (kg), kuat arus listrik (I), suhu (Ampere), jumlah zat (mol) dan intensitas cahaya (Candela).Dari ketujuh besaran tersebut akan kita buka satu per satu Rahasia atau hikmah di baliknya.

1. Panjang (Niat)

“Berpikirlah panjang sebelum melakukan sesuatu”. Berpikir panjang sama halnya dengan meluruskan niat dan rencana. Karena Setiap langkah dalam kehidupan ini harus diawali dengan niat.Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya suatu perbuatan tergantung dari niatnya”.Niat adalah awal impian kita. Karena setiap orang harus punya mimpi, sesuatu yang terjadi pada diri anda karena impian anda pada masa lalu. Jadi hari esok harus anda mulai dengan mimpi hari ini. Maka bermimpilah…

2. Waktu (Kesempatan)

Kesempatan hanya datang satu kali. Satu hari yang lalu tidak akan pernah kembali lagi. Bahkan satu detik yang lalu pun  tak bisa kita kembalikan lagi. Memanfaatkan waktu dengan baik adalah kunci kesuksesan kita. Waktu tidur kita lebih lama daripada waktu produktivitas kita sebagai pelajar, Guru, pengusaha dll. Jika kita tidur selama 8 jam sehari, maka ada 1/3 bagian hidup kita hanya untuk tidur. Misalkan hidup kita selama 60 tahun, maka lamanya kita tidur di dunia ini  adalah 20 tahun. Luar biasa bukan!

Bandingakan dengan ibadah yang kita lakukan. Apabila hanya 5 x sholat wajib kita lakukan selama 30 menit dalam sehari. Maka kita hanya beribadah kepada Alloh SWT hanya 1 tahun lebih 3 bulan saja selama kita hidup di dunia ini (bila umur maks. 60 tahun).Jadi sepertinya tak cukup bila kita hanya beribadah wajib saja, akan tetapi ibadah-ibadah yang lain juga lebih baik kita lakukan.

3. Kuat Arus Listrik  ( Motivasi Diri)

Arus listrik (I) selalu berbanding lurung dengan tegangan listrik (V) dan berbanding terbalik dengan hambatannya (R). Atau I = V/R. Artinya, motivasi internal (I) akan selalu dipengaruhi hambatan (R), agar motivasi internal besar maka  harus memperbesar motivasi eksternal (V) dan memperkecil nilai hambatannya. Nilai hambatan ini salah satunya adalah kemalasan.

Hidup perlu motivasi dari orang lain. Mengikuti pelatihan motivasi berkali-kali tidak akan menjamin anda akan berubah, kecuali ada motivasi dalam diri anda sendiri. Karena motivator terhebat ada dalam diri kita sendiri. Kita harus yakin, bahwa Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum jika kaum tersebut tidak merubahnya sendiri.

 4. Massa (Keseimbangan hidup)

Manusia adalah makhluk sosial dan makhluk politik. Artinya manusia membutuhkan peran orang lain, rasa ingin memiliki sesuatu dan ingin dihormati orang lain. Jika itu yang kita inginkan, maka tak ada salahnya jika kita harus menghargai orang lain. Keseimbangan ini pun juga berlaku untuk akhirat kita. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh seakan kau hidup selamanya dan beribadahlah dengan khusyu’ seakan-akan engakau mati esok hari.

5. Jumlah Zat (Materi, kekuasaan, prestasi dll)

Hidup memang butuh materi, tetapi materi bukanlah tujuan utama hidup ini. Materi hanyalah sarana untuk kembali lagi pada-Nya.Ketika kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan maka kita harus berbagi kepada orang lain. Sedangkan jika apa-apa yang kita harapkan belum tercapai, maka bersabarlah.. Alloh SWT mencintai orang-orang yang sabar. La Tahzan (jangan bersedih)….

6. Suhu (Ketenangan hati)

Suhu identik dengan panas. Hati yang selalu terkontaminasi dengan “panas’ tidak akan pernah tenang hidupnya. Alangkah baiknya jika penyakit AIDS,M.T (Angkuh Iri Dengki Sombong, Marah dan Tamak) kita buang pada tempatnya. Jika penyakit ini bisa kita antisipasi  maka hidup ini  akan enjoy-enjoy saja.

7. Intensitas Cahaya ( Semua Kembali Pada An Nur)

Hidup hanya satu kali dan semua akan kembali kepada-Nya. Perjalanan kembali Kepada-Nya perlulah bekal, maka berbekalah dengan amal kebaikan.

Demikianlah Rahasia atau hikmah dari ketujuh besaran pokok fisika.Semoga bermanfaat dan membawa perubahan bagi hidup kita semua. Bagi Anda yang seorang pelajar, Guru ataupun para  profesionalitas akan menjadi Pribadi yang sukses dan berprestasi bila   ini anda realisasikan dalam hidup Anda. Insya Allah.

Wallahua’lam bishawab

Sumber : http://manmodelsekayu.blogspot.com/2012/11/rahasia-di-balik-besaran-pokok-fisika.html

0 komentar: